Flickr Images

Yamaha Byson FI , Daftar Harga Cash dan Kredit


Kobayogas.com – Hola lads.. atas undangan YIMM pada tanggal 18 Juni 2015 lalu, KBY hadir dalam sesi rilis resmi motor sport Yamaha terbaru.. New Byson FI (Fuel Injection)..
Selain hadir untuk sesi rilis resmi Yamaha New Byson FI, Yamaha juga mengundang blogger serta media untuk berkesempatan berbuka puasa bersama di hari pertama bulan Ramadhan. Pada kesempatan yang sama, Yamaha Indonesia juga memberikan santunan dan berbagi kebahagiaan di Bulan Ramadhan 1436 Hijriah penuh berkah ini. Santunan uang tunai dan peralatan tulis sekolah diberikan Yamaha kepada 100 orang anak yatim piatu dari Yayasan Khazanah Kebajikan, Tangerang Selatan.

launching New Byson FI


Setelah acara ramah tamah dan peresmian peluncuran Yamaha New Byson FI, tibalah saatnya awak media dan blogger yang hadir diberikan kesempatan untuk icip-icip motor street fighter terbaru Yamaha tersebut lads.. it’s about the time!!
Sebelumnya, kita simak lagi yuks spesifikasi teknis dari Yamaha New Byson FI tersebut…

DIMENSI
P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda : 1.340mm
Jarak terendah ke tanah : 170mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 133kg – Byson Karbu 137 (spesifikasi resmi)
Kapasitas tangki bensin : 12L

MESIN
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak
Diameter x Langkah : 57,3mm  x  57,9mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 9,61 kW (13.18 PS)/8000 rpm – Byson Karbu 13.73 PS/ 7500 rpm
Torsi maksimum : 12,98 Nm/6000 rpm – Byson Karbu 13.6 Nm/ 6000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5

RANGKA
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 100/80-17M/C (52P)
Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : drum brake

KELISTRIKAN
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V/YTZ4V
Tipe busi : NGK/CPR8EA-9

Byson Fi (52 of 65)

NEW BYSON FI LEMOT? AH GAK TUH..
Setelah bergantian mengetes unit test ride Yamaha New Byson yang ada, tiba giliran KBY mencoba si banteng ini.. Kelirnya berwarna merah yang terlihat oke juga nih di mata.. gagah!!
Nyalakan mesin, suaranya halus, namanya juga mesin baru, masa kasar sih kecuali motor ngeropah yang emang kemrosak hehe.. Masukkan transmisi Yamaha New Byson FI ini ke gigi satu, sang banteng pun meluncur perlahan.. oia koplingnya sangat bersahabat alias enteng lads..
Koridor pengetesan adalah area seputar restoran jimbaran Ancol yang cukup memadai untuk mengetes performa si New Byson FI ini.. Begitu mendapati trek lurus, KBY geber hingga redline mesin kinyis kinyis ini.. ah dimana sih letak lemotnya?? Bertenaga dan responsif kok mesin New Byson ini, meski jika dibandingkan saudaranya, New Vixion, memang tarikan Byson FI masih terasa berada di bawahnya.
Mencoba melakukan wheelie, roda depan New Byson FI pun cukup mudah terangkat, meski hanya terjadi di gigi satu saja.. bahkan ban belakang juga sempat spin.. Artinya secara torsi dan tenaga, mesin New Byson ini ya bertenaga lads..
Spesifikasi Lengkap All New Yamaha Byson FI – Tenaga dan Torsi Sih Turun, Tapi…

Test ride new byson FI speed 


HANDLING CUKUP MUMPUNI
Ada beberapa kelokan yang bisa digunakan untuk mengetahui handling sang New Byson FI ketika menemui tikungan.. Dan menurut KBY, suspensinya yang lebih firm (dibanding New Vixion) turut membantu sang banteng dalam menaklukkan tikungan dengan cukup baik meskipun tidak terlalu mantap…
Sisi pengereman pun khas Yamaha, dua-tiga jari pada tuas rem depan sudah cukup untuk menahan laju Yamaha New Byson FI ini.. Oia catatan hadir pada kontras speedometernya yang tidak terlalu jelas terlihat deretan angka-angkanya ketika malam terutama pada kecepatan tinggi..
THE VERDICT
Sayangnya, KBY belum pernah melakukan test ride pada Yamaha Byson lawas alias karburator, jadi tidak tahu sejauh mana perbedaan performanya dengan New Byson Injeksi ini.. Hanya menurut KBY, performanya memadai untuk mengangkat bodi sebesar New Byson..
Dari sisi desain, pada beberapa angle alias sudut penglihatan tertentu, KBY merasa New Byson injeksi lebih baik daripada saudaranya yang bermesin dua silinder, yaitu Yamaha MT-25.. bentuk headlampnya pun terasa lebih pas dengan keseluruhan desain..
Harus diakui, kelemahan alias kekurangan Yamaha New Byson FI yang paling krusial adalah sektor rem belakang yang masih menggunakan teromol.. sebenarnya dari sisi performa pengereman sama sekali tidak ada masalah..pakem! Tapi dari sudut estetika, ya memang jadi kebanting sih sosok keseluruhan New Byson yang sudah gagah ini.. sangat disayangkan memang..
ADVERTISEMENT
Dengan harga jual dan target penjualan 2000 unit per bulan, sepertinya tidak terlalu sulit untuk dicapai. Jika lads tidak terlalu peduli dengan rem belakangnya, Yamaha New Byson FI cukup pantas untuk diangkat

Byson Fi (56 of 65)kobayogasByson Fi (65 of 65)Byson Fi (64 of 65)
Byson Fi (57 of 65)Byson Fi (59 of 65)launching New Byson FIlaunching New Byson FI
Byson Fi (52 of 65)Byson Fi (49 of 65)Byson Fi (63 of 65)Byson Fi (62 of 65)Byson Fi (50 of 65)Byson Fi (61 of 65)Byson Fi (48 of 65)Byson Fi (46 of 65)Byson Fi (55 of 65)Byson Fi (54 of 65)
Byson Fi (45 of 65)Byson Fi (41 of 65)Byson Fi (36 of 65)Byson Fi (40 of 65)
 
Top